Minggu, 30 September 2012

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN POMPA INJEKSI


Di dalam sistem bahan bakar diesel terdapat pompa injeksi yang berfungsi untuk memompakan bahan bakar dari fuel tank ke ruang bakar melalui injektor. Pompa injeksi (Injection pump) bersama dengan governor memberikan jumlah bahan bakar yang tepat pada timing yang tepat pada masing-masing silinder mesin.  Tekanan injection bahan bakar yang di injeksikan oleh injector pump berbeda-beda tergantung pada type ruang bakar, biasanya berkisar :
 Antara  200 - 300 kg/cm  (Untuk ruang bakar injeksi langsung)
Antara  8
0 - 150 kg / cm   (Untuk ruang bakar dengan ruang bakar tambahan)
Dilihat dari jumlah plunger, pompa injeksi di bedakan menjadi 2
1.       Pompa injeksi inline
2.       Pompa injeksi distributor (VE type)

Pompa injeksi inline
                Pompa injeksi inline yaitu pompa injeksi dimana 1 plunger menyuplai 1 silinder, jadi banyaknya plunger di pompa injeksi inline tergantung dari jumlah silinder di engine.

                                                                Pompa injeksi inline
Keuntungan pompa injeksi inline
1.       Jumlah plunger sesuai dengan jumlah silinder, sehingga jika suatu saat ada salah satu plunger bermasalah maka engine akan tetap bisa hidup walapun pincang.
2.       Konstruksinya sederhana karena tiap plunger melayani 1 silinder, waktu penginjeksian ditentukan oleh cam shaft.
3.       Harganya relatif lebih murah karena konstruksinya lebih sederhana.
Kerugian pompa injeksi inline
1.       Memakan banyak tempat karena ukurannya yang relatif besar.
2.       Suplai bahan bakar ke setiap silinder kemungkinan tidak sama karena plunger yang berbeda.

Pompa injeksi distributor (VE type)
                Pompa injeksi distributor yaitu pompa injeksi yang mempunyai satu plunger untuk semua silinder di engine



           Pompa injeksi distributor (VE type)
Keuntungan pompa injeksi distributor
1.       Membutuhkan tempat yang lebih sempit karena bendanya kecil.
2.       Pembagian bahan bakar ke semua silinder rata karena menggunkan 1 plunger.
Kerugian pompa injeksi distributor
1.       Jika plunger rusak maka engine tidak akan bisa hidup lagi karena hanya memiliki 1 plunyer.
2.       Harganya relatif lebih mahal karena konstruksinya yang lebih rumit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar