Kamis, 27 September 2012

automatic timer pada fuel injection pump


Pengertian Automatic Timer
Automatic Timer pada sistim bahan-bakar motor diesel adalah merupakan suatu komponen yang berfungsi untuk memajukan saat penginjeksian bahan-bakar. Lalu timbul pertanyaan mengapa saat penginjeksian bahan-bakar harus dimajukan ? jawabnya adalah untuk menyeimbangkan putaran Engine seiring dengan bertambahnya putaran Engine tersebut, serta untuk mengoptimalkan pemakain bahan-bakar. (Sumber Training Manual Diesel Engine Steep II. Hal 41).



Prinsip Dasar Automatic Timer
Automatic Timer yang dabahas adalah type distributor. Pada pompa injeksi tipe distributor Automatic Timer dioperasikan sesuai dengan tekanan bahan-bakar yang digunakan.
(Sumber. Training Manual Diesel Engine Steep II. Hal 41).
Maksudnya adalah bekerjannya Komponen Automatic Timer yaitu berdasarkan tekanan bahan-bakar yang disupply oleh pompa bahan bakar (Rotor Blade), yaitu semakin bertambah putaran Engine maka bertambah pula putaran Rotor Blade, dan tentunya bertambah pula tekanan bahan-bakar didalam pompa injeksi housing, yang mengakibatkan Automatic Timer bekerja.

Cara kerja automatic timer

Pada saat putaran Engine rendah
Apabila putaran Engine rendah maka tekanan bahan-bakar didalam Injection housing menjadi rendah. Hal ini disebabkan karena rotor blade berhubungan, dan digerakkan oleh putaran Engine, sehingga tekanan bahan-bakar didalam Injection Housing belum mampu melawan tekanan Timer Spring, akibatnya pemajuan saat injeksi belum mualai terlaksana.
(Sumber Self Study Programme No 197 hal 22)

Pada saat putaran Engine Tinggi
Apabila putaran Engine tinggi, maka tekanan bahan-bakar didalam Injection housing menjadi tinggi. Hal ini disebabkan karena rotor blade berhubungan, dan digerakkan oleh putaran Engine berputar lebih cepat, sehingga tekanan dan jumlah bahan-bakar didalam Injection Housing bertambah, sehingga Pistonak akan bergerak menekan Timer Spring, akibatnya pemajuan saat injeksi Terjadi.
(Sumber Self Study Programme No 197 hal 22)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar